Indonesia & Buah

http://marketeers.com/wp-content/uploads/2016/05/FBazJO_Fruit-food-34261122-1440-900.jpg

Jika melihat dari SDA ( Sumber Daya Alam ) yang begitu melimpah dengan tanah yang subur maka dengan yakin bahwa Indonesia mampu untuk bersaing dengan negara lain melalui sumber daya alamnya. Sumber daya alam tidak meluluh mengenai pertambangan atau emas yang terdapat didalam tanahnya. Tetapi satu hal yang perlu kita ingat bahwa kita memiliki tanah yang begitu subur untuk lahan pertanian terutama pada buah-buahan. Ternyata
kemajuan negara bisa juga melalui buah-buahan.

Kita selama ini hanya tahu  kalau orang berbicara tentang pertanian maka itu kaitannya dengan sawah yang menghasilkan padi tapi negara kita masih impor juga sebagian. Itu benar tapi begitu banyak juga hal yang harus kita ketahui mengenai pertanian terutama pada pembahasan saya kali ini tentang buah-buahan. 

Walaupun kalau akan ada pertanyaan bahwa mampu kah komoditi buah-buahan Indonesia bersaing di pasar international mungkin sebagian dari kita akan ragu menjawabnya.

Ya tidaklah salah jika pastinya akan menjadi lucu, aneh jika melirik tentang sektor pertanian yaitu mengenai buah. Sekarang saja kalau kita mau pergi ke supermarket atau hypermarket yang bakalan kita temui adalah buah-buahan yang impor. Kenapa buah saja harus impor? Impor buah yang beredar saat ini di Indonesia adalah seperti dari Brazil, Thailand serta Tiongkok. Kondisi seperti ini sudah sangat lama terjadi bahkan buah impor pun pernah menghebohkan kita terkait buah yang terinveksi virus. Sekitar 4 sampai 5 tahun terkahir ini sebelum adanya kebijakan dari para pemangku kepentingan di negeri ini. 

Kenapa saya sampaikan demikian, toh kalau kita punya SDA yang luar biasa tapi kebijakan pemangku kepentingan lebih untuk melakukan impor. Sama saja membunuh petani dengan perlahan, karena kalah bersaing karena saat ini Indonesia sedang dikepung oleh buah-buahan impor.
Kita harus optimis akan adanya kebangkitan buah Indonesia melalui setiap kebijakan yang dikeluarkan entah menekan impor buah atau mengembangkan potensi para petani buah atau dua-duanya dijalankan. Sehingga kita yakin bahwa potensi buah Indonesia dan potensi Indonesia sebagai penghasil buah nomor 1 di dunia akan terwujud. 

Tindakan kita apa sebagai masyarakat yang gemar memakan buah atau gemar berbelanja. Mulai dari sekarang gemarkan lah diri untuk makan buah terutama buah dari negara sendiri sehingga dapat memacu para petani buah di tanah air agar terus maju dan tak mati karena bersaing dengan buah impor negara lain. 

Sekali lagi bahwa kita tahu akan kekayaan alam negara kita, kita perlu untuk melakukan satu tindakan perubahan demi masa depan negara terutama dengan meyumbangkan pemikiran terhadap para pemangku kebijakan melalui tulisan seperti saya ini yaa kalau dibaca sih.

Yang perlu saya tekankan pada penguatan energy dan pangan. Ingat bahwa pada tahun 2043 jumlah penduduk didunia akan menjadi 2,3 miliar artinya 2 kali lipat dengan jumlah penduduk sekarang. Dan perlu kalian ketahui bahwa situasi kedepan akan lebih mengarah pada perebuatan energy dan pangan, untuk dua hal ini negara kita memiliki keunggulan kompetitif karena tanah air kita memiliki potensi yang luar biasa walau demikian belum secara baik dikembangkan.  Sekarang tinggal bagaimana seluruh bangsa ini memaksimalkan potensi tersebut khususnya sektor pangan termasuk buah-buahan.

Perlu sosialisasi yang lebih massif atas potensi alam dan potensi buah-buahan yang kita miliki dan harus diakui selama ini pemerintah masih lebih fokus pada sektor pangan  terutama seperti padi. Perlu sosialisasi bahwa sebenarnya mengembangkan pertanian buah tidak kalah menguntungkan dari padi dan tanaman pangan lainnya. 

Dengan saya paparkan diatas maka jika kalian adalah seorang pelajar cobalah berpikir secara matang kedepan untuk bagaimana satu langkah perubahan yang mau kalian terapkan entah sebagai pelajar SMA, SMK atau sebagai Mahasiswa. Kita semua punya peran yang sama guys, peluang terbuka untuk kita bisa entah menjadi penguasa buah atau lahan kalian yang luar bisa saja kalian paparkan lahan tersebut dan sandingkan dengan tulisan saya ini sehingga mungkin para pemangku kepentingan itu mau mengembangkan ide kalian. 

Maka sekali lagi penting sekali lahan yang disiapkan untuk hal ini karena  yakin bahwa negara bisa maju karena buah. Begitu pentingnya setiap daerah untuk menyiapkan areal khusus untuk pengembangan tanaman buah Indonesia

Saya punya harapan yang sangat besar terhadap Perguruan Tinggi Negeri seperti IPB dan Perguruan Tinggi lain yang memiliki fakultas pertanian perlu terus didorong untuk melakukan inovasi mengembangkan buah lokal unggulan yang dapat bersaing dan Go International.
Kalau ini dapat dilakukan secara bersama dan serius kedepan buah Indonesia akan menguasai pasar dunia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membongkar Isi UU 21 Otonomi Khusus Papua (Affirmative Action 14 Kursi Orang Asli Papua di Parlemen)

Kebijakan Publik Dalam Ranah Politik